Susbalan* Kursus Banser Lanjutan Pertama Kali Terselenggara Di Kabupaten Jombang

- Jurnalis

Jumat, 8 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jombang, Garda 21 – Untuk pertama kali di kabupaten Jombang menjadi tempat terlaksananya kursus Banser Lanjutan , hal tersebut membawa suasana semarak tercipta di Satkorcab bumi pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambakrejo, Jombang dengan digelar acara Susbalan Kursus Banser Lanjutan Angkatan ke-42. Pada Jumat 08/09/2023.

Acara ini menjadi momentum penting bagi 150 peserta yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Riau dan Batam, untuk memperkuat kader Nahdlatul Ulama (NU).

Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh terkemuka, seperti Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab sebagai Inspektur Upacara, Gus Taufiqi Fakhrudin Assilahi selaku Ketua Banser Kabupaten Jombang, Kyai Ihsan dari Suriah NU, Kyai Hasyim Hasbullah Wahab pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum Jombang, serta aparat pemerintah setempat.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran para tokoh NU dan seluruh undangan serta menuturkan betapa pentingnya kursus Banser Lanjutan ini.

Sedangkan Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Kyai Hasyim Wahab, dalam wawancara dengan awak media”, Kegiatan ini mengembalikan sejarah siapa yang menggagas terbentuknya Banser yang berasal dari Jombang yaitu kiyai Haji Hasbullah Wahab dan para peserta kursus akan di baiat di hadapan makam Mbah Yai tersebut.

“Anshor dan Banser merupakan organisasi yang sejak jaman dulu membela tanah air dari sejak jaman penjajah dan untuk adanya kursus ini semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air dan makin memper erat tali persaudaraan antar anggota Banser juga Anshor” Tuturnya.

Pengasuh pondok pesantren tersebut juga menambahkan bahwa Anshor dan Banser adalah organisasi yang memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik saat kemerdekaan maupun saat menghadapi ancaman G30S PKI.

Baca Juga  PPKB Jombang Mengadakan Advokasi Gugus Tugas Layak Anak 2023

Acara Susbalan Kursus Banser Lanjutan ini dirancang secara komprehensif untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta. Mereka akan mengikuti serangkaian pelatihan yang meliputi pemahaman tentang ajaran NU, kedisiplinan, kepemimpinan, serta keterampilan sosial yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai kader NU. Peserta juga akan mendapatkan pembekalan untuk menghadapi tantangan masa depan yang kompleks, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Kegiatan kursus Banser yang pertama kali di adakan Kabupaten Jombang dan kegiatan Kursus Banser Lanjutan ini tingkat propinsi tapi ada juga peserta dari luar pulau Jawa yang antusias mengikuti kursus, maka saya sangat berterima kasih atas kehadiran semuanya, satu kata bagi Perseta kursus* Semangat”, singkat ketua Anshor Jombang Taufiqi Fahrudin Assilahi ( Gus Fiqi).

Penulis : Julek

Berita Terkait

Mempererat Tali Persaudaraan, Insan Media Jombang Gelar Silaturahmi dan Tumpengan Bersama
KEPADA SELURUH MASYARAKAT KHUSUS NYA KECAMATAN MUARA TELANG
Unit Lantas Polsek Sumber Jaya Evakuasi Bus Ranau Indah Yang Terperosok Kedalam Jurang
Pemotongan Kerbau Menjadi Tradisi Ruwah Desa Pagergumbuk Sidoarjo
Gebyar Bumi Brangkal Bersholawat, Di Hadiri Halim Iskandar 
Sidoarjo Gemilang Menuju Berkelanjutan” Tanggal 14 Januari hingga 7 Februari 2024, Sidoarjo merayakan hari jadinya yang ke-165
Desa Jabon Menghadirkan Wisata Menarik di Dusun JogoDayoh “Wisata Maja Kendi Patirtan” Jabon
Pengelola BUMDes Dilarang Rangkap Jabatan di BUMDesma
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:29 WIB

Warga Pemangku ll (Dua) Pekon Bakhu Batu Ketulis Gotong Royong Mengecor Dak Masjid AL – Mubarokah 1

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:06 WIB

Aksi Nyata Pemberantasan Obat Ilegal di Jombang

Jumat, 24 Mei 2024 - 05:17 WIB

Letusan Di Keramikan Suoh Kapolsek Suoh Himbau Warga Jangan Panik

Kamis, 23 Mei 2024 - 08:48 WIB

Banjir Di Kecamatan Kebun Tebu Dan Gedung Surian Rendam Ribuan Hektar Sawah Dan Pemukiman Warga

Rabu, 22 Mei 2024 - 15:17 WIB

Mengejutkan, Anak Kandung Sendiri Ternyata Pelaku Pencurian Mobil Orangtua di Jombang

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:59 WIB

RSKM MERAYAKAN HUT KE 130 DENGAN CANGKRUKAN ” RUMAH SAKIT KRISTEN MOJOWARNO : DOELOE , SEKARANG DAN MASA DEPAN “

Rabu, 22 Mei 2024 - 12:52 WIB

Pekon Bahway, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat Realisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Kepada Sepuluh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:46 WIB

Pekon Padang Dalom Salurkan BLT-DD Kepada 7 Keluarga Penerima Manfaat(KPM)

Berita Terbaru

oplus_2

Berita

Aksi Nyata Pemberantasan Obat Ilegal di Jombang

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:06 WIB