Siswa SD se Kabupaten Jombang Bersaing di Ajang Final Lomba Bahasa dan Seni

- Jurnalis

Selasa, 20 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JOMBANG, Garda 21 – Ribuan siswa SD dari seluruh Kabupaten Jombang berpartisipasi dalam ajang final Lomba Bahasa dan Seni yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang pada Senin (19/2) pagi. Lomba tersebut dilaksanakan di beberapa tempat strategis, termasuk Aula Terbuka untuk Pidato Bahasa Jawa, Aula 2 untuk Macapat, Aula 3 untuk Baca Puisi, Aula SMK Negeri 3 Jombang untuk Literasi, dan Gedung Kesenian Disdikbud Kabupaten Jombang untuk Peragaan Busana.

Acara ini diresmikan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Bapak Senen, yang menjelaskan pentingnya lomba ini dalam melatih kemampuan berbahasa anak-anak. “Ini adalah langkah penting dalam upaya melestarikan dan membiasakan anak-anak kita untuk berbahasa Jawa,” ujarnya dengan antusias.

Tidak hanya itu, Bapak Senen juga menjelaskan tujuan dan jenis lomba yang diadakan oleh Disdikbud Kabupaten Jombang. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi dan kemampuan anak-anak dalam berbagai bidang. Terdapat lima jenis perlombaan yang dilaksanakan pada pagi ini, yaitu Literasi, Baca Puisi, Macapat, Peragaan Busana, dan Pidato Bahasa Jawa,” tambahnya.

Para peserta lomba menunjukkan semangat dan keterampilan mereka dalam setiap kategori perlombaan. Dalam kategori Literasi, peserta menampilkan kemampuan membaca dan menulis dengan lancar dan ekspresif. Baca Puisi menghadirkan sajian emosional dan kreatif dari para peserta yang memukau para penonton. Kategori Macapat menampilkan keindahan dan keharmonisan dalam menyampaikan syair-syair Jawa klasik. Peragaan Busana memukau para penonton dengan desain busana yang kreatif dan mengesankan. Terakhir, Pidato Bahasa Jawa menampilkan kefasihan dan keberanian peserta dalam berbicara di depan umum.

Para juri yang terdiri dari para ahli bahasa dan seni memberikan penilaian yang adil dan objektif untuk setiap peserta. Mereka sangat mengapresiasi bakat dan usaha keras siswa-siswa SD Kabupaten Jombang yang telah berjuang keras dalam mempersiapkan diri untuk ajang lomba ini.

Baca Juga  Bank Jombang Memiliki Peran Penting Dalam Program KEJAR

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Bapak Senen, mengungkapkan kebanggaannya terhadap antusiasme dan talenta yang ditunjukkan oleh siswa-siswa SD. “Mereka adalah harapan masa depan kita, dan melalui lomba ini, kita dapat melihat potensi dan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh generasi muda kita. Semoga ajang lomba ini dapat menjadi langkah awal bagi mereka untuk mewujudkan impian dan mengembangkan bakat mereka di bidang bahasa dan seni,” ucapnya dengan penuh harapan.

Lomba Bahasa dan Seni ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga sarana untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan antara siswa-siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Jombang. Para peserta saling mendukung dan mengapresiasi satu sama lain, menciptakan atmosfer yang penuh semangat dan kegembiraan.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, para pemenang akan diumumkan pada acara penutupan Lomba Bahasa dan Seni yang akan diadakan beberapa hari mendatang. Para juara akan menerima penghargaan dan pengakuan atas prestasi mereka, serta kesempatan untuk tampil di acara pentas seni yang lebih besar di masa depan.

Dengan semangat dan bakat yang luar biasa, siswa SD Kabupaten Jombang telah menunjukkan bahwa mereka adalah generasi yang berpotensi dan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus digelar danmenjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan seni mereka. Kabupaten Jombang dapat menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan bakat dan kreativitas anak-anak dalam bidang ini.

Dengan berakhirnya ajang lomba yang penuh semangat ini, siswa-siswa SD Kabupaten Jombang kembali ke sekolah mereka dengan pengalaman yang berharga dan semangat yang baru. Mereka membawa pulang kebanggaan dan kepercayaan diri karena telah berpartisipasi dalam kompetisi yang mendorong mereka untuk tampil maksimal.

Baca Juga  Sosialisasi Dan Rakor Satgas GKMNU Kabupaten Jombang

Tentu saja, ini semua tidak akan terwujud tanpa dukungan penuh dari pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat. Semua pihak terlibat telah berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak dalam bidang bahasa dan seni.

Dengan semakin berkembangnya ajang Lomba Bahasa dan Seni di Kabupaten Jombang, diharapkan akan muncul lebih banyak bakat-bakat muda yang dapat mengharumkan nama daerah mereka di tingkat nasional maupun internasional. Semoga kegiatan ini dapat terus digelar dan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi anak-anak Kabupaten Jombang.

Kita berharap agar semangat dan kepedulian terhadap bahasa dan seni di Kabupaten Jombang terus tumbuh dan berkembang. Dengan adanya ajang lomba yang meriah dan berprestasi seperti ini, kita percaya bahwa anak-anak kita akan mampu mengangkat tradisi dan budaya daerah serta menginspirasi generasi mendatang.

Penulis : Julek

Berita Terkait

Pengusaha Jombang Warsubi  Mendaftar Sebagai Bacalon Bupati di PDI Perjuangan
Pemkab Jombang Meluncurkan Gerbang Penting untuk Pencegahan Stanting
Musrenbang Kecamatan Tembelang: Hilirisasi Agro Bisnis untuk Kemajuan Kabupaten Jombang
SENYUM CERIA MENGHIASI WARGA DESA KREMBANGAN KECAMATAN GUDO ATAS DIBAGINYA SERTIFIKAT ( PT SL )
Sosialisasi SPPT PBB-P2 2024 Diselenggarakan oleh Bapenda Jombang
Potongan Tumpeng Menandai Peringatan Harlah PPP ke-51 di Jombang
Polisi di Jombang Sambangi Pengemudi Ojol Korban Kecelakaan
Kolaborasi Berbagai Pihak, Truk Muat Batu Bara Terguling di Jombang Berhasil Dievakuasi
Berita ini 38 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 30 Mei 2024 - 01:37 WIB

Lumbung Pangan Kabuh Mendapat 4 Ton Gabah Kering Dari Dinas Ketahanan Pangan Jombang

Rabu, 29 Mei 2024 - 04:13 WIB

Desa Boro, Tanggulangin, Mengadakan Lomba Tingkat RT Di Hadiri Juri Dari Forkopincam 

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:19 WIB

Jelang Kongres Nasional IV KAI 2024, KAI Bogor Raya Siap Menangkan Aprillia Supaliyanto

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:16 WIB

Pemdes Segodorejo,Optimalkan Pembangunan dan perawatan Infrastruktur kantor desa

Selasa, 28 Mei 2024 - 08:03 WIB

Kapolsek Terus Dekat dengan Warga, Bahas Keamanan Masyarakat

Minggu, 26 Mei 2024 - 20:48 WIB

Kabupaten Jombang Menggelar Pelantikan 918 Petugas Pemungutan Suara untuk Pilkada 2024

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:01 WIB

Berantas Miras di Jombang, Polisi Amankan Ratusan Botol Beserta Penjualnya

Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:29 WIB

Warga Pemangku ll (Dua) Pekon Bakhu Batu Ketulis Gotong Royong Mengecor Dak Masjid AL – Mubarokah 1

Berita Terbaru